kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 19:30-42 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
Lambung Yesus ditikam
19:31 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib -- sebab Sabat itu adalah hari yang besar -- maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. 19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; 19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, 19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. 19:35 Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. 19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." 19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam."
Yesus dikuburkan
19:38 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea -- ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi -- meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus. Dan Pilatus meluluskan permintaannya itu. Lalu datanglah ia dan menurunkan mayat itu. 19:39 Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus. Ia membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira lima puluh kati beratnya. 19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat. 19:41 Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah dimakamkan seseorang. 19:42 Karena hari itu hari persiapan orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Arimatea a city located 9 km. north of Jerusalem where Samuel lived
 · Nikodemus a man who was a member of the Sanhedrin, and contributed aloes and spices for Jesus's burial
 · Pilatus the Roman governor of Judea who allowed Jesus to be crucified
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Yohanes, Injil | Yesus Kristus | Yesus | Kubur, Penguburan | Yusuf | Nikodemus | Nubuat Tentang Kristus | Mur | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Paskah | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Yudea, Pada Zaman Yesus | Orang Mati | Raya, Perayaan Paskah | Taman | Rempah, Merempahi Mayat | Gambaran, Teladan Kristus | Gaharu | Pemakaman, Penguburan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 19:30 - SUDAH SELESAI. Nas : Yoh 19:30 Penderitaan Yesus dalam menyediakan penebusan bagi umat manusia yang jatuh kini sudah berakhir dan karya penebusan sudah selesai. D...

Nas : Yoh 19:30

Penderitaan Yesus dalam menyediakan penebusan bagi umat manusia yang jatuh kini sudah berakhir dan karya penebusan sudah selesai. Dia telah menanggung hukuman bagi dosa kita sambil membuka jalan keselamatan untuk semua orang

(lihat cat. --> Mat 27:50;

lihat cat. --> Luk 23:46).

[atau ref. Mat 27:50; Luk 23:46]

Full Life: Yoh 19:41 - SUATU KUBUR BARU. Nas : Yoh 19:41 Kubur tersebut digali dari bukit batu (Mr 15:46). Lubang itu nampaknya cukup besar untuk berdiri di dalamnya, tetapi pintu masuknya...

Nas : Yoh 19:41

Kubur tersebut digali dari bukit batu (Mr 15:46). Lubang itu nampaknya cukup besar untuk berdiri di dalamnya, tetapi pintu masuknya rendah (Yoh 20:11). Setelah membaringkan tubuh Yesus di dalamnya, Yusuf Arimatea menutup pintu masuknya dengan sebuah batu besar (Mat 27:60).

BIS: Yoh 19:35 - percaya percaya: beberapa naskah kuno: tetap percaya.

percaya: beberapa naskah kuno: tetap percaya.

Jerusalem: Yoh 19:30 - Sudah selesai Apa yang selesai ialah karya Bapa, sebagaimana dinubuatkan oleh Kitab Suci: karya penyelamatan dunia melalui korban yang dipersembahkan Kristus. Yohan...

Apa yang selesai ialah karya Bapa, sebagaimana dinubuatkan oleh Kitab Suci: karya penyelamatan dunia melalui korban yang dipersembahkan Kristus. Yohanes tidak menyebutkan seruan Kristus bahwa ditinggalkan oleh Allah, Mat 27:46 dan Mar 15:34. Yohanes hanya menonjolkan betapa tenang dan mulia wafat Yesus itu. Bdk Luk 23:46; Yoh 12:27+

Jerusalem: Yoh 19:30 - nyawaNya Harafiah: roh itu. Nafas Yesus yang terakhir merupakan permulaan pencurahan Roh Kudus, Yoh 1:33+; Yoh 20:22.

Harafiah: roh itu. Nafas Yesus yang terakhir merupakan permulaan pencurahan Roh Kudus, Yoh 1:33+; Yoh 20:22.

Jerusalem: Yoh 19:31 - kaki orang-orang itu dipatahkan Maksud tindakan itu ialah mempercepat kematian.

Maksud tindakan itu ialah mempercepat kematian.

Jerusalem: Yoh 19:33 - dan melihat bahwa Ia telah mati Var: dan mendapatkan Dia mati.

Var: dan mendapatkan Dia mati.

Jerusalem: Yoh 19:34 - darah dan air Dalam sejumlah naskah urutan terbalik: air dan darah. Makna kejadian itu dijelaskan dengan dua kutipan dari Kitab Suci, Yoh 19:36 dst. Darah itu Ima 1...

Dalam sejumlah naskah urutan terbalik: air dan darah. Makna kejadian itu dijelaskan dengan dua kutipan dari Kitab Suci, Yoh 19:36 dst. Darah itu Ima 1:5; Kel 24:8 menyatakan bahwa kurban anak domba yang dipersembahkan demi keselamatan dunia, Yoh 6:51, benar-benar terjadi; air yang melambangkan Roh Kudus menyatakan bahwa korban itu subur secara rohani. Banyak pujangga gereja mengartikan air itu sebagai lambang Ekaristi. Kedua sakramen itu melambangkan Gereja, Hawa baru yang lahir dari Adam baru. Bdk Efe 5:23-32. Penafsiran itu tidak terlalu jauh dari maksud penginjil.

Jerusalem: Yoh 19:35 - Dan orang yang melihat hal itu Orang itu ialah murid yang disebutkan dalam Yoh 19:26, jadi penginjil sendiri

Orang itu ialah murid yang disebutkan dalam Yoh 19:26, jadi penginjil sendiri

Jerusalem: Yoh 19:35 - dan ia tahu Siapa yang dimaksudkan kurang jelas. Mungkin saksi tadi (yang melihat) atau Allah (barangkali Kristus) yang oleh saksi itu diserukan sebagai pendukung...

Siapa yang dimaksudkan kurang jelas. Mungkin saksi tadi (yang melihat) atau Allah (barangkali Kristus) yang oleh saksi itu diserukan sebagai pendukung kesaksiannya.

Jerusalem: Yoh 19:36 - yang tertulis dalam Kitab Suci Dalam kutipan ini bercampur sebuah ayat dari Maz 34:21 yang menggambarkan bagaimana seorang benar terlindung oleh Allah (bdk Wis 2:18-20); (orang bena...

Dalam kutipan ini bercampur sebuah ayat dari Maz 34:21 yang menggambarkan bagaimana seorang benar terlindung oleh Allah (bdk Wis 2:18-20); (orang benar yang unggul ialah Hamba Tuhan) dengan sebuah ayat dari upacara Paskah yang mengenai anak domba Paskah, Kel 12:46; Bil 9:12. Bdk Yoh 1:29+ dan 1Ko 5:7.

Jerusalem: Yoh 19:37 - memandang Memandang/melihat itu mempunyai arti khas dalam karangan-karangan Yohanes, yakni "memahami", bdk Yoh 3:14+. Prajurit kafir itu dalam pandangan Yohanes...

Memandang/melihat itu mempunyai arti khas dalam karangan-karangan Yohanes, yakni "memahami", bdk Yoh 3:14+. Prajurit kafir itu dalam pandangan Yohanes melambangkan semua orang kafir yang menjadi percaya, bdk Yoh 12:20-21,32 serta catatan-catatannya. Pikiran yang sama terungkap dalam Mat 27:54+ dan Mar 15:39+. Bdk juga Luk 23:47,48; Mat 24:30; Wah 1:7.

Jerusalem: Yoh 19:38 - datanglah ia Var: datanglah mereka.

Var: datanglah mereka.

Ende: Yoh 19:31 - Sabat besar Besar sebab paska djatuh pada hari itu.

Besar sebab paska djatuh pada hari itu.

Ende: Yoh 19:31 - Dipatahkan kami Biasa dilakukan pada segala orang jang bergantung pada salib untuk mempertjepatkan kematian mereka ataupun untuk sekedar menambahkan kekerasan hukuman...

Biasa dilakukan pada segala orang jang bergantung pada salib untuk mempertjepatkan kematian mereka ataupun untuk sekedar menambahkan kekerasan hukuman bagi mereka.

Ende: Yoh 19:35 - Jang telah menjaksikan jang dimaksudkan ialah Joanes sendiri.

jang dimaksudkan ialah Joanes sendiri.

Ende: Yoh 19:36 - Kitab kudus ditepati Joanes ingat akan Maz 34:12 dan (II Mos.) Kel 12:46. Dan barangkali ia hendak mengesankan pula, bahwa Jesus adalah domba paska jang sedjati.

Joanes ingat akan Maz 34:12 dan (II Mos.) Kel 12:46. Dan barangkali ia hendak mengesankan pula, bahwa Jesus adalah domba paska jang sedjati.

Ende: Yoh 19:37 - -- Utjapan ini terdapat dalam Zak 12:10, dimana dinubuatkan tentang orang Jahudi (rumah David), bahwa mereka akan memandang kepada Dia jang ditikam mati ...

Utjapan ini terdapat dalam Zak 12:10, dimana dinubuatkan tentang orang Jahudi (rumah David), bahwa mereka akan memandang kepada Dia jang ditikam mati oleh mereka, dan mereka akan meratapi Dia.

Ende: Yoh 19:39 - Seratus pon kira-kira 33 kg.

kira-kira 33 kg.

Ref. Silang FULL: Yoh 19:30 - Sudah selesai · Sudah selesai: Luk 12:50; Yoh 4:34; 17:4

· Sudah selesai: Luk 12:50; Yoh 4:34; 17:4

Ref. Silang FULL: Yoh 19:31 - hari persiapan // kayu salib · hari persiapan: Yoh 19:14,42 · kayu salib: Ul 21:23; Yos 8:29; 10:26,27

· hari persiapan: Yoh 19:14,42

· kayu salib: Ul 21:23; Yos 8:29; 10:26,27

Ref. Silang FULL: Yoh 19:32 - yang lain · yang lain: Yoh 19:18

· yang lain: Yoh 19:18

Ref. Silang FULL: Yoh 19:34 - itu menikam // dan air · itu menikam: Za 12:10; Wahy 1:7 · dan air: 1Yoh 5:6,8

· itu menikam: Za 12:10; Wahy 1:7

· dan air: 1Yoh 5:6,8

Ref. Silang FULL: Yoh 19:35 - hal itu // kesaksiannya benar · hal itu: Luk 24:48; Luk 24:48 · kesaksiannya benar: Yoh 15:27; 21:24

· hal itu: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

· kesaksiannya benar: Yoh 15:27; 21:24

Ref. Silang FULL: Yoh 19:36 - supaya genaplah // akan dipatahkan · supaya genaplah: Yoh 19:24,28,37; Mat 1:22; Mat 1:22 · akan dipatahkan: Kel 12:46; Bil 9:12; Mazm 34:21

· supaya genaplah: Yoh 19:24,28,37; Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]

· akan dipatahkan: Kel 12:46; Bil 9:12; Mazm 34:21

Ref. Silang FULL: Yoh 19:37 - mereka tikam · mereka tikam: Za 12:10; Wahy 1:7

· mereka tikam: Za 12:10; Wahy 1:7

Ref. Silang FULL: Yoh 19:38 - orang-orang Yahudi · orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; Yoh 7:13

· orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; [Lihat FULL. Yoh 7:13]

Ref. Silang FULL: Yoh 19:39 - Juga Nikodemus · Juga Nikodemus: Yoh 3:1; 7:50

· Juga Nikodemus: Yoh 3:1; 7:50

Ref. Silang FULL: Yoh 19:40 - kain lenan // menurut adat · kain lenan: Luk 24:12; Yoh 11:44; 20:5,7 · menurut adat: Mat 26:12

· kain lenan: Luk 24:12; Yoh 11:44; 20:5,7

· menurut adat: Mat 26:12

Ref. Silang FULL: Yoh 19:42 - hari persiapan // jauh letaknya · hari persiapan: Yoh 19:14,31 · jauh letaknya: Yoh 19:20,41

· hari persiapan: Yoh 19:14,31

· jauh letaknya: Yoh 19:20,41

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 19:30 - -- 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia, "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Morris1335 berk...

19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia, "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Morris1335 berkata bahwa Dia minum anggur asam itu supaya Dia dapat berkata Sudah selesai dengan suara yang jelas. Matius 27:50 dan Markus 15:37 berkata bahwa Dia berseru dengan suara nyaring sesaat sebelum Dia meninggal. Barangkali seruan-Nya adalah Sudah selesai. Dia berhasil melakukan segala pekerjaan yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa yang mengutus Dia.

Dia sendiri yang menyerahkan1336 nyawa-Nya. Kata yang sama dipakai sepuluh atau sebelas kali untuk menceritakan bagaimana Yudas mengkhianati Tuhan Yesus, dua atau tiga kali untuk menceritakan bagaimana Tuhan Yesus diserahkan kepada Pilatus, dan sekali untuk menceritakan bagaimana Pilatus menyerahkan Dia kepada prajurit untuk disalibkan. Meskipun demikian, mereka tidak mampu memaksa Dia. Dia sendiri menyerahkan nyawa-Nya.

Hagelberg: Yoh 19:16-30 - -- 7. Yesus disalibkan (19:16b-30) Matius, Markus, dan Lukas menceritakan lebih banyak peristiwa dalam perjalanan-Nya ke Golgota. Rincian kisah penyaliba...

7. Yesus disalibkan (19:16b-30)

Matius, Markus, dan Lukas menceritakan lebih banyak peristiwa dalam perjalanan-Nya ke Golgota. Rincian kisah penyaliban yang dicatat oleh Yohanes berbeda dengan (namun tidak kontradiktif) rincian yang dikisahkan oleh Injil Sinoptik, sesuai dengan tujuan dan beban masing-masing.

19:16b Mereka menerima Yesus.

Para tentara yang ditugaskan untuk menyalibkan Tuhan Yesus mengambil Dia dan mengantar Dia ke tempat penyaliban. Yohanes tidak mencatat vonis yang diucapkan oleh Pilatus, karena Yohanes menekankan pertanggungjawaban imam-imam kepala. Barangkali pada saat itu pasukan Roma memberikan cambuk verberatio yang dikisahkan dalam Matius 27:26 dan Markus 15:15.

Hagelberg: Yoh 19:30 - -- 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia, "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Morris1335 berk...

19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia, "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Morris1335 berkata bahwa Dia minum anggur asam itu supaya Dia dapat berkata Sudah selesai dengan suara yang jelas. Matius 27:50 dan Markus 15:37 berkata bahwa Dia berseru dengan suara nyaring sesaat sebelum Dia meninggal. Barangkali seruan-Nya adalah Sudah selesai. Dia berhasil melakukan segala pekerjaan yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa yang mengutus Dia.

Dia sendiri yang menyerahkan1336 nyawa-Nya. Kata yang sama dipakai sepuluh atau sebelas kali untuk menceritakan bagaimana Yudas mengkhianati Tuhan Yesus, dua atau tiga kali untuk menceritakan bagaimana Tuhan Yesus diserahkan kepada Pilatus, dan sekali untuk menceritakan bagaimana Pilatus menyerahkan Dia kepada prajurit untuk disalibkan. Meskipun demikian, mereka tidak mampu memaksa Dia. Dia sendiri menyerahkan nyawa-Nya.

Hagelberg: Yoh 18:1--19:42 - -- E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 19:31 - -- 19:31 Karena hari itu hari persiapan1337 dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah h...

19:31 Karena hari itu hari persiapan1337 dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah hari yang besar1338--maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan.

Ulangan 21:22-23 berkata bahwa kalau orang dihukum mati, lalu mayatnya digantung pada tiang, tidak boleh dibiarkan di tiang itu semalam-malaman, supaya tidak menajiskan tanah Israel. Rupanya para imam besar tidak mau supaya ke tiga mayat itu menajiskan Tanah Israel, terutama karena keesokan hari adalah suatu Sabat istimewa.1339

Kebiasaan Roma dalam hal ini adalah membiarkan orang di salib sampai orang itu mati karena tidak dapat bernafas lagi. Proses itu dapat memakan waktu beberapa hari. Kemudian biasanya mayat itu dibiarkan di salib sampai dimakan burung pemakan bangkai. Jika kematian harus dipercepat, tulang kakinya dapat dipatahkan dengan palu besi.1340 Kalau kaki orang dipatahkan, mereka hanya dapat memakai tangan untuk meluruskan tubuh untuk bernafas, dan tangan cepat capai, dan orang itu mati karena tidak dapat bernafas.

Hagelberg: Yoh 19:31-37 - -- 8. Lambung Yesus ditikam (19:31-37)

8. Lambung Yesus ditikam (19:31-37)

Hagelberg: Yoh 19:31 - -- 19:31 Karena hari itu hari persiapan1337 dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah h...

19:31 Karena hari itu hari persiapan1337 dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah hari yang besar1338--maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan.

Ulangan 21:22-23 berkata bahwa kalau orang dihukum mati, lalu mayatnya digantung pada tiang, tidak boleh dibiarkan di tiang itu semalam-malaman, supaya tidak menajiskan tanah Israel. Rupanya para imam besar tidak mau supaya ke tiga mayat itu menajiskan Tanah Israel, terutama karena keesokan hari adalah suatu Sabat istimewa.1339

Kebiasaan Roma dalam hal ini adalah membiarkan orang di salib sampai orang itu mati karena tidak dapat bernafas lagi. Proses itu dapat memakan waktu beberapa hari. Kemudian biasanya mayat itu dibiarkan di salib sampai dimakan burung pemakan bangkai. Jika kematian harus dipercepat, tulang kakinya dapat dipatahkan dengan palu besi.1340 Kalau kaki orang dipatahkan, mereka hanya dapat memakai tangan untuk meluruskan tubuh untuk bernafas, dan tangan cepat capai, dan orang itu mati karena tidak dapat bernafas.

Hagelberg: Yoh 19:32 - -- 19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; Tam...

19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus;

Tampaknya Pilatus tidak berkeberatan, karena prajurit itu menggenapi permohonan para imam besar.

Hagelberg: Yoh 19:32 - -- 19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; Tam...

19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus;

Tampaknya Pilatus tidak berkeberatan, karena prajurit itu menggenapi permohonan para imam besar.

Hagelberg: Yoh 19:33 - -- 19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, Penyaliban adalah hukuman yang sanga...

19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,

Penyaliban adalah hukuman yang sangat kejam. Orang yang disalibkan dapat menderita beberapa hari di salib sebelum meninggal. Menurut Markus 15:25 dan 15:34 Dia menderita selama kira-kira enam jam.

Hagelberg: Yoh 19:33 - -- 19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, Penyaliban adalah hukuman yang sanga...

19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,

Penyaliban adalah hukuman yang sangat kejam. Orang yang disalibkan dapat menderita beberapa hari di salib sebelum meninggal. Menurut Markus 15:25 dan 15:34 Dia menderita selama kira-kira enam jam.

Hagelberg: Yoh 19:34 - -- 19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.1341 Yohanes tidak mencerita...

19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.1341

Yohanes tidak menceritakan tujuan prajurit yang menikam lambung Tuhan Yesus, dia hanya mengisahkan apa yang terjadi. Kita dapat menduga bahwa dia melakukan itu untuk memastikan bahwa Tuhan Yesus sudah meninggal. Yohanes tidak memberikan arti rohani dari air dan darah itu. Mungkin bagi dia yang penting adalah bahwa dia menyaksikan secara akurat apa yang dia saksikan, dan kalau ditanyai mengenai kepentingan air dan darah itu, dia hanya menjawab seperti orang yang buta sejak lahir, yaitu "Aku tidak tahu." Mungkin juga air itu melambangkan penahiran, dan darah itu melambangkan pengorbanan.

Hagelberg: Yoh 19:34 - -- 19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.1341 Yohanes tidak mencerita...

19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.1341

Yohanes tidak menceritakan tujuan prajurit yang menikam lambung Tuhan Yesus, dia hanya mengisahkan apa yang terjadi. Kita dapat menduga bahwa dia melakukan itu untuk memastikan bahwa Tuhan Yesus sudah meninggal. Yohanes tidak memberikan arti rohani dari air dan darah itu. Mungkin bagi dia yang penting adalah bahwa dia menyaksikan secara akurat apa yang dia saksikan, dan kalau ditanyai mengenai kepentingan air dan darah itu, dia hanya menjawab seperti orang yang buta sejak lahir, yaitu "Aku tidak tahu." Mungkin juga air itu melambangkan penahiran, dan darah itu melambangkan pengorbanan.

Hagelberg: Yoh 19:35 - -- 19:35 Dan orang1342 yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, sup...

19:35 Dan orang1342 yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya.

Yohanes meneguhkan bahwa dia adalah saksi mata,1343 dan bahwa dia tidak berdusta. Dia juga menjelaskan bahwa tujuannya adalah supaya para pembaca percaya. Pernyataan tersebut, terkait dengan darah dan air itu, diulangi dalam pasal 21:24, terkait dengan seluruh isi Injil Yohanes.

Tujuan supaya kamu juga percaya akan diceritakan ulang dan dikembangkan dalam pasal 20:31.

Hagelberg: Yoh 19:35 - -- 19:35 Dan orang1342 yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, sup...

19:35 Dan orang1342 yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya.

Yohanes meneguhkan bahwa dia adalah saksi mata,1343 dan bahwa dia tidak berdusta. Dia juga menjelaskan bahwa tujuannya adalah supaya para pembaca percaya. Pernyataan tersebut, terkait dengan darah dan air itu, diulangi dalam pasal 21:24, terkait dengan seluruh isi Injil Yohanes.

Tujuan supaya kamu juga percaya akan diceritakan ulang dan dikembangkan dalam pasal 20:31.

Hagelberg: Yoh 19:36 - -- 19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." Pemakaian kedua kutipan ini ...

19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan."

Pemakaian kedua kutipan ini menegaskan kedaulatan Allah dalam kematian Tuhan Yesus. Dia tidak "kebetulan mati", Dia mati karena untuk itu Dia diutus oleh Allah Bapa. Tekanan ini sering muncul dalam Injil Yohanes.

Mungkin Yohanes merujuk pada Mazmur 34:21 yang berkata, "Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah." Namun Keluaran 12:46, dalam peraturan mengenai persiapan anak domba Paskah, berkata "...satu tulang pun tidak boleh kamu patahkan."1344 Memang tanggal peristiwa ini, tema pengorbanan, dan juga hisop menyatakan kaitan erat dengan Paskah. Yohanes tidak memberi referensi, mungkin karena Tuhan Yesus adalah Orang yang Benar yang diceritakan dalam Mazmur 34, dan Anak Domba Paskah yang sesungguhnya.

Hagelberg: Yoh 19:36 - -- 19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." Pemakaian kedua kutipan ini ...

19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan."

Pemakaian kedua kutipan ini menegaskan kedaulatan Allah dalam kematian Tuhan Yesus. Dia tidak "kebetulan mati", Dia mati karena untuk itu Dia diutus oleh Allah Bapa. Tekanan ini sering muncul dalam Injil Yohanes.

Mungkin Yohanes merujuk pada Mazmur 34:21 yang berkata, "Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah." Namun Keluaran 12:46, dalam peraturan mengenai persiapan anak domba Paskah, berkata "...satu tulang pun tidak boleh kamu patahkan."1344 Memang tanggal peristiwa ini, tema pengorbanan, dan juga hisop menyatakan kaitan erat dengan Paskah. Yohanes tidak memberi referensi, mungkin karena Tuhan Yesus adalah Orang yang Benar yang diceritakan dalam Mazmur 34, dan Anak Domba Paskah yang sesungguhnya.

Hagelberg: Yoh 19:37 - -- 19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam." Yohanes mengutip Zakharia 12:10.1345 Dalam konteks...

19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam."

Yohanes mengutip Zakharia 12:10.1345 Dalam konteks ini identitas mereka yang akan memandang tidak penting bagi Yohanes. Yang penting adalah bahwa Dia ditikam, sesuai dengan Perjanjian Lama. Kutipan ini cukup penting dalam penginjilan orang-orang Yahudi, sesuai dengan tujuan yang dinyatakan oleh Yohanes dalam pasal 20:31.

Hagelberg: Yoh 19:37 - -- 19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam." Yohanes mengutip Zakharia 12:10.1345 Dalam konteks...

19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam."

Yohanes mengutip Zakharia 12:10.1345 Dalam konteks ini identitas mereka yang akan memandang tidak penting bagi Yohanes. Yang penting adalah bahwa Dia ditikam, sesuai dengan Perjanjian Lama. Kutipan ini cukup penting dalam penginjilan orang-orang Yahudi, sesuai dengan tujuan yang dinyatakan oleh Yohanes dalam pasal 20:31.

Hagelberg: Yoh 19:38 - -- 19:38 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea1346 -- ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi1347 -- meminta kepada Pil...

19:38 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea1346 -- ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi1347 -- meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus. Dan Pilatus meluluskan permintaannya itu. Lalu datanglah ia dan menurunkan mayat itu.

Dari ketiga Injil Sinoptik kita mengerti bahwa Yusuf dari Arimatea adalah seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, dia kaya, dia menantikan kedatangan Kerajaan Allah, dia baik, dan dia tidak setuju dengan putusan dan tindakan mereka.

Menurut hukum Roma, mayat mereka yang dihukum mati biasanya diserahkan kepada keluarga mereka, tetapi kalau mereka dihukum mati karena pemberontakan atau penghasutan, mayat dibiarkan di salib. Orang-orang Yahudi selalu mengizinkan penguburan segala penjahat, tetapi bukan di dalam kuburan biasa, supaya mayat itu tidak dapat menajiskan kuburan itu. Penjahat biasanya dikuburkan bersama-sama di dalam sebuah kubur umum yang hina.

Oleh karena dia berkedudukan tinggi di Mahkama Agung, Yusuf dapat berbicara dengan Pilatus. Permohonan Yusuf cukup berbahaya, karena Tuhan Yesus dihukum sebagai pemberontak, dan karena anggota-anggota Mahkama Agung yang lain pasti tidak setuju dengan tindakan Yusuf. Barangkali Pilatus meluluskan permintaan itu karena dia yakin bahwa Tuhan Yesus bukan seorang pemberontak, dan karena dia mau menghina para pemimpin Yahudi sekali lagi.

Hagelberg: Yoh 19:38-42 - -- 9. Yesus dikuburkan (19:38-42)

9. Yesus dikuburkan (19:38-42)

Hagelberg: Yoh 19:38 - -- 19:38 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea1346 -- ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi1347 -- meminta kepada Pil...

19:38 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea1346 -- ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi1347 -- meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus. Dan Pilatus meluluskan permintaannya itu. Lalu datanglah ia dan menurunkan mayat itu.

Dari ketiga Injil Sinoptik kita mengerti bahwa Yusuf dari Arimatea adalah seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, dia kaya, dia menantikan kedatangan Kerajaan Allah, dia baik, dan dia tidak setuju dengan putusan dan tindakan mereka.

Menurut hukum Roma, mayat mereka yang dihukum mati biasanya diserahkan kepada keluarga mereka, tetapi kalau mereka dihukum mati karena pemberontakan atau penghasutan, mayat dibiarkan di salib. Orang-orang Yahudi selalu mengizinkan penguburan segala penjahat, tetapi bukan di dalam kuburan biasa, supaya mayat itu tidak dapat menajiskan kuburan itu. Penjahat biasanya dikuburkan bersama-sama di dalam sebuah kubur umum yang hina.

Oleh karena dia berkedudukan tinggi di Mahkama Agung, Yusuf dapat berbicara dengan Pilatus. Permohonan Yusuf cukup berbahaya, karena Tuhan Yesus dihukum sebagai pemberontak, dan karena anggota-anggota Mahkama Agung yang lain pasti tidak setuju dengan tindakan Yusuf. Barangkali Pilatus meluluskan permintaan itu karena dia yakin bahwa Tuhan Yesus bukan seorang pemberontak, dan karena dia mau menghina para pemimpin Yahudi sekali lagi.

Hagelberg: Yoh 19:39 - -- 19:39 Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus.1348 Ia membawa campuran mur1349 dengan gaharu,1350 kira-ki...

19:39 Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus.1348 Ia membawa campuran mur1349 dengan gaharu,1350 kira-kira lima puluh kati beratnya.

Keempat Injil menceritakan bahwa Jusuf mengurus izin dari Pilatus, tetapi hanya Injil Yohanes menceritakan bahwa Nikodemus mengurus rempah-rempah yang dipakai untuk persiapan mayat yang akan dikuburkan.1351 Yohanes sendiri mengingatkan kita mengenai Nikodemus,1352 bahwa dia mula-mula datang waktu malam kepada Yesus dalam pasal 3. Nikodemus juga muncul dalam pasal 7:50-52. Injil Sinoptik tidak menyebutkan Nikodemus ataupun rempah-rempah yang dia bawa,1353 tetapi Yohanes menceritakannya, mungkin karena dia bermaksud supaya kita mengerti bahwa Nikodemus telah memihak pada Tuhan Yesus, walaupun dia begitu bingung dalam pasal 3.

Nikodemus, tampaknya dengan pertolongan budak-budak atau teman-teman, membawa campuran mur dengan gaharu untuk menyiapkan mayat Tuhan Yesus untuk dikuburkan secara layak. Mur atau damar wangi itu dipakai untuk mengurangi bau mayat, bukan untuk mengawetkannya seperti orang Mesir. Memang campuran yang sama disebutkan dalam beberapa nas (Mazmur 45:9; Amsal 7:17; dan Kidung Agung 4:14) dalam konteks bau yang harum.

Beratnya rempah-rempah yang dibawa adalah kira-kira 30 kilogram.1354 Ternyata itu banyak sekali, sampai diragukan oleh sarjana-sarjana yang tidak menerima Alkitab sebagai Firman Allah. Namun jika kita ingat bahwa Nikodemus barangkali kaya, dan bahwa dia (sama dengan Maria dalam pasal 12:3) hendak menghormati Tuhan Yesus, jumlah ini masuk akal juga. Kira-kira 36 kilogram rempah-rempah dipakai dalam penguburan Rabi Gamaliel untuk menghormati dia, dan lima ratus budak membawa rempah-rempah pada penguburan Herodes yang Agung.1355

Pada waktu murid-murid Tuhan Yesus mengikuti Dia, Jusuf dan Nikodemus tidak tampak, tetapi dalam nas ini justru murid-murid Tuhan Yesus (kecuali Yohanes) yang tidak tampak, dan Jusuf dan Nikodemus dapat melayani Dia. Mungkin pengamatan perlu dikaitkan dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus kepada Petrus dalam pasal 21:22, yaitu "...itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."

Mungkin Jusuf dan Nikodemus mewakili setiap orang yang lambat percaya kepada Tuhan Yesus. Mereka kehilangan kesempatan untuk bersekutu muka dengan muka dengan Tuhan Yesus, namun akhirnya mereka berkesempatan melayani Dia.

Hagelberg: Yoh 19:39 - -- 19:39 Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus.1348 Ia membawa campuran mur1349 dengan gaharu,1350 kira-ki...

19:39 Juga Nikodemus datang ke situ. Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus.1348 Ia membawa campuran mur1349 dengan gaharu,1350 kira-kira lima puluh kati beratnya.

Keempat Injil menceritakan bahwa Jusuf mengurus izin dari Pilatus, tetapi hanya Injil Yohanes menceritakan bahwa Nikodemus mengurus rempah-rempah yang dipakai untuk persiapan mayat yang akan dikuburkan.1351 Yohanes sendiri mengingatkan kita mengenai Nikodemus,1352 bahwa dia mula-mula datang waktu malam kepada Yesus dalam pasal 3. Nikodemus juga muncul dalam pasal 7:50-52. Injil Sinoptik tidak menyebutkan Nikodemus ataupun rempah-rempah yang dia bawa,1353 tetapi Yohanes menceritakannya, mungkin karena dia bermaksud supaya kita mengerti bahwa Nikodemus telah memihak pada Tuhan Yesus, walaupun dia begitu bingung dalam pasal 3.

Nikodemus, tampaknya dengan pertolongan budak-budak atau teman-teman, membawa campuran mur dengan gaharu untuk menyiapkan mayat Tuhan Yesus untuk dikuburkan secara layak. Mur atau damar wangi itu dipakai untuk mengurangi bau mayat, bukan untuk mengawetkannya seperti orang Mesir. Memang campuran yang sama disebutkan dalam beberapa nas (Mazmur 45:9; Amsal 7:17; dan Kidung Agung 4:14) dalam konteks bau yang harum.

Beratnya rempah-rempah yang dibawa adalah kira-kira 30 kilogram.1354 Ternyata itu banyak sekali, sampai diragukan oleh sarjana-sarjana yang tidak menerima Alkitab sebagai Firman Allah. Namun jika kita ingat bahwa Nikodemus barangkali kaya, dan bahwa dia (sama dengan Maria dalam pasal 12:3) hendak menghormati Tuhan Yesus, jumlah ini masuk akal juga. Kira-kira 36 kilogram rempah-rempah dipakai dalam penguburan Rabi Gamaliel untuk menghormati dia, dan lima ratus budak membawa rempah-rempah pada penguburan Herodes yang Agung.1355

Pada waktu murid-murid Tuhan Yesus mengikuti Dia, Jusuf dan Nikodemus tidak tampak, tetapi dalam nas ini justru murid-murid Tuhan Yesus (kecuali Yohanes) yang tidak tampak, dan Jusuf dan Nikodemus dapat melayani Dia. Mungkin pengamatan perlu dikaitkan dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus kepada Petrus dalam pasal 21:22, yaitu "...itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."

Mungkin Jusuf dan Nikodemus mewakili setiap orang yang lambat percaya kepada Tuhan Yesus. Mereka kehilangan kesempatan untuk bersekutu muka dengan muka dengan Tuhan Yesus, namun akhirnya mereka berkesempatan melayani Dia.

Hagelberg: Yoh 19:40 - -- 19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan1356 dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi1357 bila mengub...

19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan1356 dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi1357 bila menguburkan mayat.

Mayat Tuhan Yesus disiapkan untuk dikuburkan secara layak, sesuai dengan kebiasaan bangsa Yahudi.

Hagelberg: Yoh 19:40 - -- 19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan1356 dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi1357 bila mengub...

19:40 Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan1356 dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi1357 bila menguburkan mayat.

Mayat Tuhan Yesus disiapkan untuk dikuburkan secara layak, sesuai dengan kebiasaan bangsa Yahudi.

Hagelberg: Yoh 19:41 - -- 19:41 Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman1358 dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah1359 dimakamkan ...

19:41 Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman1358 dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah1359 dimakamkan seseorang.

Tampaknya penting bahwa di kubur itu belum pernah dimakamkan seseorang, tetapi Yohanes tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin pemakaian kubur baru menyatakan hormat, sama seperti banyaknya rempah-rempah dalam ayat 39. Menurut Matius 27:60 kubur itu adalah milik Yusuf sendiri, digali di dalam bukit batu.1360 Zaman itu orang yang mampu mempunyai kubur yang digali dalam bukit batu yang utuh. Kubur seperti itu mahal, sehingga seringkali dipakai berkali-kali, ataupun dibentuk untuk seluruh keluarga, dengan beberapa ruangan di dalamnya, menjadi seperti terowongan lebar yang bercabang.1361

Hagelberg: Yoh 19:41 - -- 19:41 Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman1358 dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah1359 dimakamkan ...

19:41 Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman1358 dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah1359 dimakamkan seseorang.

Tampaknya penting bahwa di kubur itu belum pernah dimakamkan seseorang, tetapi Yohanes tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin pemakaian kubur baru menyatakan hormat, sama seperti banyaknya rempah-rempah dalam ayat 39. Menurut Matius 27:60 kubur itu adalah milik Yusuf sendiri, digali di dalam bukit batu.1360 Zaman itu orang yang mampu mempunyai kubur yang digali dalam bukit batu yang utuh. Kubur seperti itu mahal, sehingga seringkali dipakai berkali-kali, ataupun dibentuk untuk seluruh keluarga, dengan beberapa ruangan di dalamnya, menjadi seperti terowongan lebar yang bercabang.1361

Hagelberg: Yoh 19:42 - -- 19:42 Karena hari itu hari persiapan1362 orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat1363 Yesus ke situ. Mereka he...

19:42 Karena hari itu hari persiapan1362 orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat1363 Yesus ke situ.

Mereka hendak memelihara hari Sabat, maka dekatnya kubur itu sangat penting bagi mereka, karena sebentar lagi mereka sudah tidak boleh mengangkat mayat Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 19:42 - -- 19:42 Karena hari itu hari persiapan1362 orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat1363 Yesus ke situ. Mereka he...

19:42 Karena hari itu hari persiapan1362 orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat1363 Yesus ke situ.

Mereka hendak memelihara hari Sabat, maka dekatnya kubur itu sangat penting bagi mereka, karena sebentar lagi mereka sudah tidak boleh mengangkat mayat Tuhan Yesus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 19:19-30 - Tulisan di atas Salib; Penyaliban Tulisan di atas Salib; Penyaliban (19:19-30) Di sini terdapat beberapa penjelasan luar biasa mengenai berbagai peristiwa yang terjadi menjelang kem...

Matthew Henry: Yoh 19:31-37 - Penyaliban Penyaliban (19:31-37) Perikop yang berkaitan dengan penusukan lambung Kristus setelah Ia mati ini hanya dicatat oleh sang penulis Injil ini. I....

Matthew Henry: Yoh 19:38-42 - Penguburan Kristus Penguburan Kristus (19:38-42) Di sini kita mendapati kisah penguburan tubuh Tuhan kita Yesus yang terkasih itu. Upacara penguburan orang-orang besa...

SH: Yoh 19:17-37 - Salib bukan kekalahan (Jumat, 14 April 2006) Salib bukan kekalahan Bagi para musuh Yesus, salib yang Yesus pikul dan tempat Yesus digantung merupakan lambang kemenangan mereka dan kekalahan Y...

SH: Yoh 19:28-37 - Dia mati sesuai kitab suci (Jumat, 18 April 2014) Dia mati sesuai kitab suci Apa yang terjadi pada diri Yesus telah direncanakan oleh Bapa dan dinubuatkan oleh para nabi. Ia datang untuk melaksanakan...

SH: Yoh 19:28-37 - Perhatikan Tanda-tanda Nubuat (Jumat, 2 April 2021) Perhatikan Tanda-tanda Nubuat Sebagai saksi mata (35), Rasul Yohanes mengingat secara terperinci adegan penyaliban Yesus. Namun, pikirannya lebih ter...

SH: Yoh 19:16-37 - Pergumulan salib (Jumat, 2 April 1999) Pergumulan salib Di atas salib, Yesus berjuang antara hidup dan mati. Di atas salib, masa depan umat manusia dan dunia sedang dipertaruhkan. ...

SH: Yoh 19:16-37 - Disalibkan (Jumat, 29 Maret 2002) Disalibkan Puncak pengorbanan Yesus terjadi pada penyaliban. Semua orang zaman itu tahu bahwa itulah hukuman mati paling ngeri dan paling m...

SH: Yoh 19:16-30 - Merespons pengorbanan Yesus (Jumat, 21 Maret 2008) Merespons pengorbanan Yesus Tibalah saatnya Anak Manusia akan disalibkan. Ia harus minum dari cawan penderitaan yang telah Dia terima. Dia menan...

SH: Yoh 19:31-42 - Yesus dikuburkan (Sabtu, 22 Maret 2008) Yesus dikuburkan Kematian hanya meninggalkan jasad tak bernyawa. Begitu pula yang terjadi pada Yesus. Tinggal jasad-Nya yang tergantung di kayu ...

SH: Yoh 19:38-42 - Yusuf Arimatea (Sabtu, 3 April 1999) Yusuf Arimatea Ia mencintai Yesus, tetapi tidak berani berterus terang, sebab mengaku murid Yesus dalam situasi saat itu penuh risiko. Tetapi, ...

SH: Yoh 19:38-42 - Tanda iman dan kasih (Sabtu, 30 Maret 2002) Tanda iman dan kasih Kisah penguburan Yesus oleh Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus ini sungguh menyejukkan hati kita. Bila dalam hari-hari sebel...

SH: Yoh 19:38-42 - Di manakah Anda? (Sabtu, 15 April 2006) Di manakah Anda? Kematian Yesus memunculkan para pengikut-Nya yang dahulu sembunyi-sembunyi untuk mengikut Yesus. Yusuf dari Arimatea adalah seor...

SH: Yoh 19:38-42 - Berani menyatakan iman (Sabtu, 19 April 2014) Berani menyatakan iman Malam akan segera tiba. Mayat-mayat yang tergantung di kayu salib harus segera diturunkan dan dikuburkan. Tampaknya tidak mung...

SH: Yoh 19:38-42 - Pemberian Terbaik (Sabtu, 20 April 2019) Pemberian Terbaik Pernahkah Anda menghadiri pemakaman seorang pembesar atau orang terpandang? Apa yang Anda lihat di sana? Rumah duka nan megah mungk...

SH: Yoh 19:38-42 - Waktunya Membuka Topeng (Sabtu, 3 April 2021) Waktunya Membuka Topeng Hari Sabat makin dekat. Jenazah Yesus masih tergantung di kayu salib. Siapa yang berani menurunkan-Nya? Sanak famili tidak be...

Utley: Yoh 19:28-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 19:28-3028 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia—supaya genaplah yang ada ter...

Utley: Yoh 19:31-37 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 19:31-3731 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu sal...

Utley: Yoh 19:38-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 19:38-4238 Sesudah itu Yusuf dari Arimatea—ia murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahud...

Topik Teologia: Yoh 19:30 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus

Topik Teologia: Yoh 19:32 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Yoh 19:34 - -- Yesus Kristus Penggenapan Yoh 19:34,37 Dia Merasakan Luka dan Sakit Jasmaniah Mat 26:67 Mat 27...

Topik Teologia: Yoh 19:35 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Sarana dari Iman yang Menyelamatkan Pesan Injil yang Diberitakan adalah Sarana dari Iman yang ...

Topik Teologia: Yoh 19:36 - -- Yesus Kristus Domba Paskah Kel 12:3-6,46 Bil 9:12 Maz 34:20 Yoh 19:36 1Ko 5:7 Penggenapan Yoh 19:32-33,36

Topik Teologia: Yoh 19:37 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.71 detik
dipersembahkan oleh YLSA